cacat

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

11/13/2011 12:13:00 am

          Permasalahan adalah hal yang harus kita hadapi bukan untuk dihindari. Kata-kata ini memang tepat sekali dan sangat harus dipraktikkan. Kenapa? karena memang sudah begitu banyak masalah di dunia ini. Jika terus dihindari apa jadinya kehidupan ini.
Salah satu permasalahan yang patut kita sorot untuk dapat ditemukan solusinya yaitu permasalahan Disabilitas. Dari data yang saya temukan jumlah penyandang disabilitas di dunia terus meningkat. Data World Health Organization (WHO) menunjukkan bahwa 10% dari penduduk dunia atau sekitar 650 juta orang adalah penyandang disabilitas atau lebih sering dikenal dengan istilah penyandang cacat. Data statistik dunia pun menunjukkan bahwa 80% dari penduduk dengan disabilitas tersebut berada di negara-negara sedang berkembang. Di Indonesia, yang merupakan salah satu negara sedang berkembang, jumlah penduduk dengan disabilitas diperkirakan sebanyak 23 juta orang (10% dari total jumlah penduduk hasil sensus 2010).
Tentu timbul pertanyaan dibenak kita masing-masing, apakah permasalahan utama dari hal ini?
Permasalahan utama dari hal ini bukanlah berasal dari mereka para penyandang disabilitas tersebut. Bisa saya pastikan tidak ada satupun dari mereka yang meminta atau menginginkan untuk memiliki disabilitas tertentu. Permasalahan yang paling mendasar adalah dikarenakan  masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang  apa disabilitas, siapa penyandang disabilitas, dan bagaimana mengahadapi penyandang disabilitas. Sehingga menimbulkan pandangan-pandangan masyarakat yang menyimpang dari koridor yang seharusnya.
Informasi-informasi yang masyarakat dapatkan tentang kehidupan para penyandang disabilitas, malah hanya membuat masyarakat sebatas mengkasihani, atau membuat suatu gerakan amal seperti menyedekahi. Fenomena bahkan menunjukkan begitu banyak para peminta-minta yang datang dari kalangan penyandang disabilitas sebagai modal untuk menstimulasi rasa kasihan para masyarakat sehingga mereka mendapatkan uang lebih untuk membiayai hidup mereka. suatu pandangan yang tidak sesuai bahkan begitu memprihatinkan.
Para penyandang disabilitas tidak butuh rasa kasihan, mereka butuh lebih dari itu. mereka butuh semangat hidup, mereka membutuhkan suatu kepercayaan diri, dan yang paling utama mereka sangat membutuhkan kesetaraan Hak Asasi Manusia (HAM). 

Qian Hongyan mengalami kecelakaan fatal yang mengakibatkan separuh tubuhnya hingga batas pinggang harus diamputasi.  Sebagai gantinya, keluarga tersebut menyangga tubuh Qian dengan potongan bola basket (masalah ekonomi). Ia mempunyai mimpi dapat mewakili China pada tahun 2012 pada kejuaraan renang di olimpiade khusus orang cacat.

di Indonesia ini banyak anak-anak penyandang disabilitas seperti Qian,  tetapi apa yang terjadi justru mereka lebih banyak dikaryakan oleh orang tuanya atau sebuah sindikat untuk dijadikan pengemis

Indonesia merupakan negara yang berpegang pada prinsip HAM non-diskriminasi, kesetaraan serta mendapatkan  kesempatan yang sama dan mengakui adanya keterbatasan yang dapat diatasi jika diupayakan aksesibilitas fisik dan non-fisik. Hal ini seharusnya dapat mengatasi kondisi yang dialami penyandang disabilitas di Indonesia. Namun pada faktanya para penyandang disabilitas di Indonesia masih menghadapi berbagai hambatan dalam beraktivitas dan masih mengalami keterbatasan dalam berpartisipasi sebagai warga yang setara dalam masyarakat, serta masih mendapatkan perlakuan diskriminasi terhadap pemenuhan hak asasi manusia (HAM) di segala aspek dalam bidang kehidupan.
Salah satu contoh  bentuk diskriminasi yang terjadi adalah dibidang pendidikan. Masih banyak penyandang disabilitas di Indonesia yang tidak dapat menikmati bahkan merasakan dunia pendidikan. Karena keterbatasan yang mereka miliki membuat mereka dipandang tidak bisa memperoleh pencapaian layaknya “siswa normal”. Hambatan, keterbatasan serta diskriminasi yang  sering terjadi terhadap para penyandang disabilitas dalam mengakses informasi, pendidikan, pekerjaan, transportasi serta sarana dan layanan publik lainnya, yang membuat penyandang disabilitas di Indonesia pada umumnya termasuk dalam kelompok miskin dan terpinggirkan.
Lalu bagaimanakah solusi dari permasalahan ini?
Tak hanya pemerintah saja yang harus memikirkan hal ini, namun kita para generasi muda sudah selayaknya ikut memikirkan solusi dari permasalahan ini. Salah satu dari sekian banyak solusi adalah dengan membentuk masyarakat inklusif. Dimana masyarakat mampu menerima berbagai bentuk keberagaman dan keberbedaan serta mengakomodasinya ke dalam berbagai tatanan maupun infra struktur yang ada di masyarakat. Adapun perbedaan dan keberagaman yang dimaksud diantaranya adalah keberagaman budaya, bahasa, gender, ras, suku bangsa, strata ekonomi, serta termasuk juga didalamnya adalah keberbedaan kemampuan fisik/mental.
Situs kartunet.com sebagai suatu media sosialisasi isu-isu disabilitas diharapkan dapat lebih mengupas dan membahas hal-hal yang berkaitan tentang disabilitas lebih rinci dan jelas lagi. Karena untuk membentuk suatu masyarakat yang inklusif, pertama-tama kita harus meluruskan pandangan masyarakat yang menyimpang dengan memberikan informasi-informasi berkaitan dengan disabilitas. Selain itu, situs ini pun harus dapat dikenal oleh banyak masyarakat sehingga informasi tersampaikan pada objek tujuan yaitu masyarakat. Isu-isu yang ditampilkan pun diharapkan mempunyai bahasa yang lebih menarik sehingga masyarakat tertarik untuk membacanya.
Semoga saja permsalahan ini dapat sedikit demi sedikit teratasi. Sudah saatnya kita bangsa Indonesia bangkit dan menjadi suatu kesatuan dari keberagaman yang lebih baik lagi. Bhineka Tunggal Ika!! Walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua!!

You Might Also Like

18 comments

  1. selalu miris jika melihat Indonesia.... tak tahu mental siapa yang di turunkan pada rakyat indonesia.... siapa yang harus bergerak? pemerintah???? kenapa tidak dari kita sendri jika bisa berkontribusi...semangat... bagus vin

    ReplyDelete
  2. anonim: yap.. sudah saatnya bersama-sama bangkit membangun negri tercinta ini.. ^^

    ReplyDelete
  3. aq setuju vin...

    ReplyDelete
  4. good,,,,
    indonesia membutuhkan orang2 seperti anda,,,
    namun kita semua harus punya andil dalam hal ini...
    untuk merubah sesuatu itu tidak mudah,,,,
    hal awal yg efektif di lakukan, mungkin promotif dan prefentif...
    toma,toga, Host, Agen serta envirenmen menentukan,,,
    saran saya adalah mulai lah dari kita dan hari ini,,,

    ReplyDelete
  5. iya.. setuju sekali dengan pendapat anda..
    memang harus mulai dari hal kecil hingga nantinya akan benar-benar memnghasilkan suatu perubahan.

    ReplyDelete
  6. seperti apa yang dituliskan diatas bahwa kita semua sebagai makhluk sosial seharusnya sama-sama mengetahui apa yang seharusnya kita lakukan dalam menghadapi masalah berikut. akan tetapi pada praktik dan kenyataannya hal tersebut masih dapat dikatakan mustahil, apalagi jika persoalan kemampuan ekonomi yang menjadi alasannya.

    Keluarga merupakan faktor utama dalam menghadapi kasus disabilitas. baik dalam perawatan dan pemberian semangat.
    sedangkan pemerintah sendiri juga memperhatikan permasalahan penyandang cacat dalam UNDANG-UNDANG NOMOR 4 TAHUN 1997 TENTANG PENYANDANG CACAT. akan tetapi mungkin dalam pelaksanaannya masih belum maksimal.

    dengan ini saya juga sependapat dengan apa yang anda tuliskan. karena setiap usaha dalam menuju kebaikan itu suatu saat akan membuahkan hasil. tetaplah menuliskan hal-hal yang inspiratif yang dapat merubah dunia ini ke arah yang lebih manusiawi.

    ReplyDelete
  7. "tetapi apa yang terjadi justru mereka lebih banyak dikaryakan oleh orang tuanya atau sebuah sindikat untuk dijadikan pengemis"

    inilah negeri kita. apapun yang bisa menghasilkan uang akan dimanfaatkan. meskipun orang tersebut nemiliki cacat fisik.

    (*googling mode on)
    Pasal 34, Bab XIV, UUD 1945
    Fakir miskin dan anak-anakyang terlantar dipelihara oleh negara.

    di dalam uud jelas disebutkan. tapi tetap saja pemerintah tidak perduli dengan mereka. malah seperti yang kita lihat. di tv bagaimana perlakuan satpol pp yang merazia meraka. mereka di tarik seperti seorang teroris bahkan lebih parah.

    ReplyDelete
  8. nah, pada dasarnya keluarga yang harus lebih mengambil andil dalam perawatan si penyandang cacat ini. tapi karena desakan ekonomi yang sekarang menjadi faktor masalah dunia terutama di negara kita itulah yang membuat keluarga atau orang-orang yang tidak bertanggung jawab melakukan tindakan dengan pikirannya yang tidak lagi logis. dan akhirnya melakukan suatu perbuatan yang tidak manusiawi tersebut.

    ReplyDelete
  9. Kemajuan bangsa ini dimulai dari pemuda-pemuda dengan SDM yang kreatif dan mampu bersaing dengan perkembangan global yang semakin pesat..
    Dan yang paling penting lagi, jangan pernah mengungkit-ungkit masalah yang sudah bertahun-tahun lamanya itu sama saja membuka borok dari bangsa kita yang terdahulu, tapi lihat kedepan dan pandang luas apa yang akan terjadi untuk waktu yang akan datang.
    coba pikirkan, "mengapa sebuah mobil itu kaca di depan lebih besar dari pada kaca di depan?"
    dari jawaban itu sudah bisa kita menilai bagaimana pola pikir kita mempelajari yang ada disekeliling kita.

    ReplyDelete
  10. Bukan memberi mereka semangat jauh lebih muda dibanding jika kita yang mengalami dan merasakannya??
    semangat kawan..!

    ReplyDelete
  11. pada dasarnya banyak yg peduli terhadap bangsa ini.. namun hanya praktiknya saja yang kurang.. hehe

    ReplyDelete
  12. terabaikan karena jabatan, uang, harta, wanita.

    ReplyDelete
  13. Salam kenal gan, ane muslih21... sukuses kontesnya

    ReplyDelete
  14. salam kenal muslih... Amin.. :D

    ReplyDelete
  15. salah siapa dosa siapa....hmmm kita cari solusi semampu kita vin....dari lingkup terkecil dulu yaitu inhu tercinta

    ReplyDelete
  16. Inilah Indonesia, banyak yg bisa berkata tapi bertemu pengemis ples cacat mukapun dipalingkan...

    ngerasa gak???

    ReplyDelete
  17. bagus vin,... yakinlah banyak yang berpikiran sama,.. cuma memang belum ada praktiknya aja,.. walau pun ada mungkin belum maksimal,..

    Semangat ! kita mulai dari diri dan lingkungan KITA !!! :)

    ReplyDelete
  18. bg dody : hmm iya bg .. ngerasa

    mc_mora : iya.. ayo semangat!!!!

    ReplyDelete

sungguh menyenangkan apabila tulisan ini dikomentari.. ^^

Followers