islami

MALAM LAILATUL QADAR

8/20/2011 12:05:00 am

Gak kerasa ya hari ini udah puasa ke 20..
Semalam aku taraweh di mushola deket rumah, nah biasalah ada ceramah... Jadi lumayan nambah ilmu tentang agama.. Kalo ilmu dibagi-bagi rasanya lebih komplit.. Hehe makanya aku mau sedikit bagi ilmu nih..
Menurut hadist rasulullah saw :
- 10 malam pertama pada bulan ramadhan adalah malam penuh rahmat.
- 10 malam kedua pada bulan ramadhan adalah malam pengampunan.
- 10 malam ketiga pada bulan ramadhan adalah malam dimana mungkinnya muncul malam yg paling baik dari 1000 bulan yaitu malam lailatul qadar.
Sebenarnya semua malam dibulan ramadhan baik. Namun Yg paling utama adalah 10 malam ketiga pada bulan ramadhan.. Pada masa Rasulullah saw iya melakukan berbagai ibadah pada 10 malam ketiga karena iya tidak mau melewatkan malam lailatul qadar. Anak dan istrinya bahkan juga iya ajak untuk beribadah.
Ada beberapa ibadah yg dapat dilakukan pada malam lailatul qadar seperti menyendiri dimesjid,membaca alquran, dan ibadah sunah lainnya..
Menurut hadist rasulullah saw ada yg menyebutkan bhwa malam lailatul qadar jatuh pada malam ganjil di bulan ramadhan setelah malam ke-20, ada pula hadist yg menjelaskan jatuhnya malam lailatul qadar pada malam ke-27.. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa malam lailatul qadar dapat jatuh pada malam2 genap.
Tanda datangnya malam lailatul qadar dijelaskan bahwa pada pagi harinya hingga sore sinar matahari sama / konstan... Untuk tanda2 lainnya saya belum dapet infonya.. Hehe
So, tunggu apa lagi sahabatku.. Mari memperbanyak ibadah dibulan yg penuh keutamaan ini.. Mumpung masih ada kesempatan kenapa tidak digun akan... Oke oke.

SURAH AL-QADR 1-5 :

Artinya :
1. Sesungguhnya Kami telah menurunkan (Al quran) pada malam kemuliaan.
2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
5. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.




You Might Also Like

0 comments

sungguh menyenangkan apabila tulisan ini dikomentari.. ^^

Followers