kartun

SpongeBob Squarepants yang Tulus dan sahabat

9/27/2011 07:18:00 am

            Well, kali ini aku mau nulis tentang SpongeBob Squarepants, terinspirasi dari temen aku Adina Siti Maryam Talogo yang katanya suka warna kuning. Hehe aku mengenal tokoh ini dari sebuah Film yang disiarkan pada Stasiun Televisi Nickeledeon. Tokoh spongebob yang diciptakan oleh Stephen Hillenberg ini terbentuk karena tidak sengaja. Hillenburg yang pernah mendalami studi sumber daya kelautan dan pernah mengajar studi biologi kelautan membuat ia semakin tertarik dengan dunia laut. Dan iapun berinisiatif untuk membuat kisah bawah laut.
Ketika itu, Hillenburg berpikir ingin membuat tokoh yang bukan ikan karena ia pikir di laut tidak hanya ada ikan saja. hingga suatu ketika, dia pun melihat busa pencuci piring. Dan pada saat itulah Hillenburg berpikir kalau dia sudah menemukan karakter yang sangat pas. Bentuknya, warna, serta sifat lenturnya sangat mirip dengan tokoh Sponge Bob yang lincah, mudah bergaul, dan selalu optimistis. Dia juga menambahkan busa segi empat itu dengan celana dan dasi, serta dua gigi kelincinya yang sangat besar. Sehingga makin memperlihatkan kelucuan dari sosok Sponge Bob ini.

Sponge Bob sendiri tinggal di sebuah rumah berbentuk nanas. Dia bersahabat dengan Patrick Si Bintang Laut yang sangat lugu. Sponge Bob juga bertetangga dengan Squidward Si Gurita, di mana keduanya bekerja di Rumah Makan Krusty Krab milik tuan Krabs yang menjual crabby patty (semacam burger yang digambarkan sangat lezat). Selain itu, ada binatang darat, Sandy Cheeks atau Sang Tupai yang tinggal di ruang beroksigen. Lalu Pearl yang merupakan sosok gadis lincah. Sementara Tuan Krabs digambarkan sebagai tuan yang tamak, kikir, dan hanya berpikir tentang uang. Ada pula si plankton yang selalu mempunyai niat untuk mencuri resep rahasia Tuan Krabs. Hahaha ada-ada saja.
Walaupun aku udah lumayan gede (dalam segi umur) aku tetep suka nonton film satu ini. Lucu, konyol, kadang ngebuat kita yang nonton merasa kesel sendiri dengan keluguan Sponge Bob ini.  Tapi dibalik kisah lucu dan konyol tersebut, juga banyak hal-hal positif yang dapat kita ambil maknanya terutama tentang kesetiaan dan persahabatan. Ada beberapa dialog-dialog antara Spongebob, Patrick, dkk di dalam film tersebut yang memiliki makna yang sangat dalam. Di bawah ini adalah beberapa diantaranya :

"pengetahuan tidak dapat menggantikan persahabatan. Aku (Patrick) lebih suka jadi idiot daripada kehilanganmu (Spongebob)"

Saat spongebob menjadi kaya dan melupakan patrick, juga teman-teman spongebob yang kaya pergi dari spongebob, spongebob memohon kepada patrick, dan patrick berkata:
"kalau uang bisa membuatku melupakan sahabat terbaikku, maka aku lebih memilih untuk tidak punya uang sama sekali"

"AKU JELEK DAN AKU BANGGA!!!" (Patrick)
Patrick sadar dengan kondisi dirinya... tapi dia tetap bersyukur dan bangga menjadi dirinya. Seberapa banyakkah dari kita yang merasa puas bahkan bangga dengan diri kita yang apa adanya...???

dialog waktu Spongebob mau test menyetir untuk mendapatkan sim..
"seharusnya kau belajar berjalan dulu nak, baru lah kau bisa berlari..."

"Ternyata semua yang berkilau itu belum tentu emas." (Spongebob)

Ketulusan hati yang dimiliki Sponge Bob dan sifatnya yang selalu berfikir positif terhadap orang lain, memang patut dicontoh. Aku rasa jarang sekali di kehidupan nyata ada orang yang memiliki kepribadian seperti Sponge Bob. Persahabatan antara Sponge Bob dan Patrick sungguh sangat “HEBAT”. Aku banyak belajar tentang kesetiaan seorang teman dari mereka.

Jangan pernah menuntut untuk mendapatkan teman sejati, cobalah untuk menjadi teman sejati bagi orang lain! Someday, teman sejatilah yang akan mencarimu.

You Might Also Like

0 comments

sungguh menyenangkan apabila tulisan ini dikomentari.. ^^

Followers