twitter

(GoVlog-Umum) PEDEKATE dengan TWITTER yuk.

9/03/2011 10:25:00 pm


Di Indonesia, Twitter sudah sangat populer. Terlebih lagi, dengan adanya kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada serta aplikasi yang mendukung. hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke enam sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi negara nomor satu untuk urusan Twitter. Hal ini menarik perhatian saya untuk membahasnya karena tidak sedikit pengguna twitter hanya ikut-ikutan atau latah untuk memiliki akun twitter. Bahkan ada pula yang mengatakan “Anak labil saja yang mainannya twitter”. Hal ini membuat saya ingin lebih memperjelas tentang sejarah mau pun kegunaan dari twitter itu sendiri.

Sebelum kita bahas twitter lebih lanjut mari kita baca dulu beberapa akomentar mereka tentang twitter :
Fitri aldresti (Mahasiswa jurusan FKIP KIMIA umur 18 tahun)
“twitter itu nggak terlalu penting, punya twitter nggak ngebuat kita jadi orang paling gaul sedunia kok,. Manfaatnya : berita-berita ditwitter up to date sekali.. ^^ dan nggak ada ruginya punya twitter”
Adina Siti Maryam Talogo (Mahasiswa jurusan Farmasi umur 19 tahun)
“twitter itu ajang sharing. Manfaatnya kita lebih update, nggak ada TV pun sekarang di twitter udah bisa tau informasi-informasi.  Ruginya sebenarnya nggak ada asal kita tau privacy masing-masing. Kalau kita suka ngomong blak-blakan atau ngomong gak difilter bisa jadi rugi, apalagi publik figur.”
Jusmiati (guru bahasa inggris umur 49 tahun)
“Cuma pernah dengar, tapi belum pernah menggunakan.”
Dicky Pangestu Sandjaya (Mahasiswa jurusan kedokteran umur 19 tahun)
“twitter itu akun personality seseorang, manfaatnya buat ngungkapin unek-unek, berekspresi, berpendapat, dan berkoneksi kesahabat-sahabat.  Karena ini jejaring sosial setidaknya kita bisa tau apa yang lagi banyak diperbincangkan orang melalui Trending Topicnya.  Ataupun kita bisa ngikutin aktivitas artis idola, atau buat liat mood seseorang bisa liat dari twitternya.”
Delovita Ginting (Lulusan S1 jurusan FMIPA fisika umur 22 tahun) 
“manfaat twitter itu banyak. Memperoleh informasi, dapat mengetahui apa yang menjadi perbincangan menarik lebih cepat, lebih banyak kenalan, mecari solusi juga bisa misalnya nyari tempat makan enak, tempat belanja murah, tempat wisata, nongkrong, dll, banyak quote yang bisa diaplikasikan kekehidupan sehari-hari, bisa cerewet di twitter juga, hahahaha” 
Gian Pertela (Mahasiswa Jurusan farmasi umur 19 tahun)
"kebanyakan twitter itu digunakan hanya untuk sebagai ajang menunjukkan diri atau kata kerennya sebagai eksistensi kita hidup di dunia ini. Manfaatnya ya kita tetap update sama lingkungan sekitar, dari mulai teman hingga dunia. Berita ekonomi, sosisal, budaya, sampai tempat makan yang enak juga bisa tersampaikan secara berbeda. bisa juga dengan adanya twitter, kita bisa mendapat aspirasi dan pembelajaran dari pikiran-pikiran banyak orang. ruginya terkadang twitter jadi bahan pergunjingan dan gossip terhadap orang lain.  Twitter juga bisa membuat orang salah paham, karena tweets yang seseorang tulis itu bermakna umum. "


Dari 6 komentar diatas saja, mereka punya pendapat masing-masing tentang twitter. Apalagi kalau kita kumpulkan pendapat dari semua orang tentang twitter. Nggak kebayang deh. Namun, dari pendapat-pendapat tersebut dapat saya tarik kesimpulan bahwa twitter sebenarnya lebih tepat jika disebut sebagai situs micro-blogging untuk dapat saling bertukar informasi. Melalui Tweeps atau disebut juga dengan kicauan, orang dapat saling berbagi pesan ataupun informasi dalam bentuk 140 karakter. Karena hanya memiliki 140 karakter ini terkadang Twitter suka disebut sebagai “sms internet”.
          Dan hal menarik lain yang saya temui ketika memintai komentar tentang twitter, ternyata tidak semua orang mempunyai akun twitter. Bahkan ada juga yang tidak tau tentang twitter. Tetapi pada umumnya dikalangan remaja mengetahui tentang twitter dan memiliki akunnya.
Sedikit sejarah tentang twitter,  Awalnya layanan ini diberi nama “twttr”, terinspirasi dari nama situs sharing foto Flickr. Dan layanan ini awalnya juga hanya terbatas digunakan dalam internal perusahaan Odeo saja. Juli 2006 layanan ini mulai diluncurkan untuk public dengan nama “Twitter”. Nama layanan situs tersebut diperkuat dengan logo burung dan arti nama “Twitter” sendiri yang artinya adalah kicau burung. Saat peluncuran pertama kali Twitter sudah memiliki brand, nama serta identitas yang jelas.

Konsep dibentuknya twitter oleh Jack Dorsey

Jack Dorsey   

          Oktober 2006, Jack Dorsey menggandeng Biz Stone, Evan Williams membentuk Obvious Corp untuk membeli asset Odeo serta Twitter. Selanjutnya Odeo dan Twitter menjadi perusahaan yang terpisah.

“What we have to do is deliver to people the best and freshest most relevant information possible. We think of Twitter as it’s not a social network, but it’s an information network. It tells people what they care about as it is happening in the world.”
-Evan Williams-
          Namun fakta yang ada sekarang tentang twitter berbeda dengan tujuan awal pembentukan twitter. Pada bulan Maret 2009, komik strip Doonesbury mulai menyindir Twitter. Banyak karakter menyoroti kicauan yang mengikuti pemutakhiran topik hangat (trend updates) terus-menerus. SuperNews! juga mengatakan bahwa Twitter sebagai kecanduan dan mengatakan kicauan tidak lebih dari “teriakan kegelapan berharap seseorang mendengarkan”.
          Baiklah saya rasa itulah segelintir informasi yang dapat saya bagikan tentang twitter. Untuk informasi yang lebih banyak lagi mungkin bisa disearching lagi yah. Intinya gunakanlah twitter sebaik mungkin. Jangan sampai ya, dengan adanya twitter malah mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Bijak-bijaklah dalam menggunakan apapun yang ada. Bagi yang berpendapat pengguna twitter hanyalah orang-orang labil. Itu SALAH BESAR! Semua hal itu baik maupun buruk tergantung individunya. Seperti teori relativitas yang diutarakan oleh ilmuwan kita albert einstein. Yap.. semuanya itu RELATIVE guys. So, jadilah individu yang benar. ^^









You Might Also Like

4 comments

sungguh menyenangkan apabila tulisan ini dikomentari.. ^^

Followers